Readup

5 penyakit populer ini ternyata terkait masalah psikologis

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

5 penyakit populer ini ternyata terkait masalah psikologis

Ada sejumlah penyakit yang mungkin Anda kira semata-mata gangguan fisik. Namun, ternyata ada faktor psikologis yang diduga menjadi penyebab penyakit tersebut.

Louise L. Hay dalam bukunya yang terkenal “You Can Heal Your Life” (2001:146-207) menyatakan hal tersebut. Dia menyebutkan ratusan penyakit fisik yang menurutnya sangat mungkin dipengaruhi oleh kondisi kejiwaan penderitanya. Berikut kami kutipkan 5 di antara penyakit tersebut:

1. Kanker

Menurut Hay penyakit kanker sangat mungkin menjadi kelanjutan dari luka batin yang mendalam, dendam yang berkepanjangan, dan terlalu banyak rahasia dan kesedihan yang dipendam.

Untuk menghindari atau sembuh dari kanker, Hay menyarankan supaya kita melepaskan beban itu dengan memaafkan semua yang terjadi di masa lalu, menerima dan mencintai diri sendiri, serta bertekad untuk hidup dengan bahagia.

2. Sesak nafas

Nafas merepresentasikan kemampuan untuk menjalani hidup. Ketakutan atau menolak untuk menjalani hidup dengan saksama akan menyebabkan sejumlah gangguan pernapasan, terutama mendadak sesak nafas dan hiperventilasi.

Dia menyarankan penderitanya supaya merasa aman dalam hidup serta mencintai kehidupan yang sudah dianugerahkan. Adalah hak setiap orang untuk hidup dengan pilihan yang bebas.

3. Jantung

Jantung merepresentasikan pusat cint dan rasa aman. Menurut Hay, melupakan kesenangan demi uang dan jabatan dapat memicu serangan jantung. Yang juga dapat memicu masalah pada jantung adalah memiliki masalah emosional berkepanjangan, kurang bahagia, dan memelihara luka serta stress.

Dia menyarankan supaya kita menebar kasih guna terhindar dari masalah jantung. Biarkan kebahagiaan menghampiri kita kapan pun dan di mana pun.

4. Sakit kepala

Sakit kepala secara umum, termasuk migrain, mungkin disebabkan oleh ketidakberterimaan terhadap apa yang ada dalam diri. Terlalu sering mencela diri sendiri serta rasa takut juga dapat memicu sakit kepala.

Hay mengatakan bahwa pola pikir terhadap diri perlu diubah dengan cara mencintai dan menerima diri sendiri. Kita harus melihat bahwa diri sendiri adalah sosok yang perlu dicintai. Kita juga harus selalu merasa aman, supaya bebas dari sakit kepala.

Sementara itu, vertigo sangat mungkin berasal dari pikiran yang semrawut. Orang yang gemar menolak untuk melihat sesuatu secara utuh rawan kena penyakit pusing ini.

5. Sakit Perut

Sejumlah sakit perut seperti maag, radang lambung (gastritis) dan mulas sering disebabkan oleh kengerian menghadapi hidup, dan ketakutan terhadap hal-hal baru. Ketidakmampuan untuk beradaptasi atau berasimilasi dengan suasana atau hal-hal baru sangat berpotensi menghasilkan sejumlah masalah lambung.

Solusinya, Hay menawarkan supaya kita menjalani hidup dengan mudah dan beradaptasi dengan lingkungan apa pun. Kita harus yakin bahwa apa pun yang kita hadapi akan berjalan dengan baik.

Jokowi sampaikan data tak akurat, TKN tak ingin dibilang mencontek
Jokowi dikabarkan pakai earpiace saat debat, Kubu Prabowo: Jangan mudah terprovokasi
Warga Papua desak KPK setop kriminalisasi Lukas Enembe
BPN: Rakyat yang akan membantah kesalahan data Jokowi
Pengamat: Jokowi sampaikan data kurang akurat,Prabowo kurang tajam
Prabowo: Pembangunan infrastruktur era Jokowi grasa-grusu
Prabowo bingung saat ditanya Jokowi soal unicorn, ini penjelasannya
Jokowi dituding pakai alat bantu komunikasi saat debat, ini kata TKN
Prabowo nilai serangan Jokowi soal kepemilikan tanah wajar
TKN: Prabowo bingung jawab pertanyaan, Jokowi rileks
Soal Freeport, Jokowi tak takut pada siapapun demi rakyat
Jokowi bantah serang Prabowo terkait ratusan ribu hektar lahan
Prabowo akan pisahkan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan bila jadi presiden
KGI Sekuritas: IHSG berpotensi menguat
Ada ledakan di arena debat capres, polisi lakukan penyelidikan
Fetching news ...