Mengintip masjid berjalan ala Jepang untuk sambut Olimpiade 2020

REPORTED BY: Siti Dzakiyyah

Mengintip masjid berjalan ala Jepang untuk sambut Olimpiade 2020 Masjid 'berjalan' ala Jepang

Menyambut Olimpiade musim panas 2020, Jepang yang bertindak sebagai tuan rumah telah mempersiapkan berbagai fasilitas aspek struktur dan infrastruktur. 

Hal ini terlihat dari fasilitas mobil-mobil masjid yang diluncurkan oleh negeri matahari tersebut di kotanya produsen otomotif Toyota, yakni Prefektur Aichi, Senin, (23/07/2018).

Mobil-mobil masjid ini dirancang agar para atlet serta pengunjung Olimpiade 2020 bisa dengan mudah beribadah di area pertandingan. Struktur mobil-mobil ini juga dirancang khusus agar terlihat seperti mushola kecil yang nyaman.

Mobil masjid tersebut berbentuk kontainer yang dimodifikasi. Kedua sisi kontainer bisa melebar secara otomatis dengan mesin, sehingga ruang di dalam akan menjadi lebih luas.

Diketahui masjid ‘berjalan’ ini dapat menampung sekitar 50 orang. Di dalamnya juga terpasang pendingin ruangan dan rencananya akan dipasang kompas sebagai penunjuk arah kiblat.

Sementara itu, biaya yang dihabiskan oleh Jepang untuk proyek ini sekitar 100 juta yen atau setara dengan Rp. 13 miliar.

Sikap toleransi terhadap agama islam ini sebenarnya telah dilakukan Jepang beberapa event yang lalu. Namun, hanya sebatas fasilitas beribadah di wisma-wisma atlet.

Sebagai negara maju tentunya Jepang senantiasa berinovasi, kini umat muslim jepang tak perlu khawatir melakukan ibadah sholat saat Olimpiade 2020 berlangsung.

Olimpiade musim panas 2020 secara resmi dikenal dengan Games of the XXXII Olympiad, adalah ajang olahraga internasional akan datang yang dijadwalkan akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada tanggal 24 Juli-9 Agustus 2020. Tokyo diumumkan sebagai kota tuan rumah dalam sidang IOC ke-125 di Buenos Aires, Argentina, pada tanggal 7 September 2013.

PDIP: Pembebasan Abu Bakar Ba'asyir tidak politis
PAN dukung pemerintah soal penundaan pembebasan Ba'asyir
MenpanRB akan pecat 300 PNS
GRANAT serukan Pemilu damai bebas Narkoba
Lebih dari 1000 PNS korupsi belum dipecat, ada apa?
Fahri Hamzah minta pemerintah tuntaskan hak keluarga korban kecelakaan Lion Air
Fadli Zon ragukan Najwa Shihab dan Tommy Tjokro jadi moderator debat
Kubu Jokowi curigai hasil survei Median
Calon pemimpin penyebar hoaks jangan dipilih
PKS harap pemerintah tak politisasi pembebasan Abu Bakar Ba'asyir
Fadli Zon optimistis Prabowo lampaui elektabilitas Jokowi
Bamsoet imbau TNI-Polri netral dalam pemilu
IHSG siap melaju naik karena sentimen eksternal
DPR apresiasi mundurnya Edy dari ketua umum PSSI
Ahok bebas, apa pengaruhnya pada Pilpres?
Fetching news ...