Menggelorakan semangat pahlawan di dada anak bangsa

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Menggelorakan semangat pahlawan di dada anak bangsa “Berjuang tanpa bersatu akan sia-sia; jika tidak ada yang mau berkorban, perjuangan dapat berubah arah." - Bambang Budi Santoso.

Anggota Komisi VIII DPR RI Bambang Budi Santoso mengingatkan generasi muda dan segenap anak bangsa untuk memaknai kemerdekan RI dengan meneladani semangat para pahlawan yang rela menumbalkan nyawa mereka demi kebebasan dari kungkungan penjajah.

“Kita perlu merawat ingatan sejarah atas tindakan para peletak dasar negara Indonesia merdeka dengan cara menginternalisasi semangat mereka. Bagi generasi muda, semangat yang harus diteladani dari para pahlawan adalah etos perjuangan: pantang menyerah dan tidak gagap menghadapi tantangan dan hambatan,” katanya kepada Rimanews di Jakarta, Jumat (16/08/2018).

Menurut politisi PAN ini, generasi muda harus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. “Itulah bentuk paling hakiki menghargai jasa para pahlawan yang memerdekakan bangsa ini,” jelasnya.

Menurut Bambang, kemerdekaan yang paling esensial saat ini adalah perasaan aman menghadapi apa pun. 

“Aman dari kemiskinan, aman untuk menyatakan pendapat, merasa aman ketika kita menegaskan kepentingan bangsa kita di hadapan bangsa lain. Akan tetapi, rasa aman tersebut bukan datang dengan sendirinya, namun harus diperjuangkan,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Bambang mengatakan peringatan Kemerdekaan RI tak boleh sebatas pada upacara belaka, akan tetapi harus dilanjutkan dengan aksi nyata untuk membuat bangsa Indonesia berdaulat, adil dan makmur.

"Di era Revolusi Industri 4.0, kita tidak lagi berperang melawan penjajah. Akan tetapi, semangat juang yang dibutuhkan tetap sama, yaitu bagaimana kita sekuat tenaga berusaha tegak di hadapan bangsa-bangsa lain di dunia,” katanya.

Bambang mengatakan hal lain yang harus diteladani dari para pahlawan adalah suasana kebatinan dan moral dari pahlawan, yakni semangat persatuan dan pengorbanan. 

“Berjuang tanpa bersatu akan sia-sia; jika tidak ada yang mau berkorban, perjuangan dapat berubah arah. Persatuan harus dijaga, terutama dalam suasana pemilu yang sudah mulai panas seperti sekarang. Anak muda harus cerdas dalam hal ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, Bambang menegaskan bahwa meneladani semangat para pahlawan dalam memperjuangkan cita-cita besar bangsa selalu relevan sampai kapan pun.

“Kita harus mampu merawat eksistensi Indonesia dalam panggung sejarah bangsa–bangsa besar,” pungkasnya.

Ini tiga tugas wajib caleg Gerindra
Prabowo-Sandi ke KPU diiringi drum band dan pencak silat
Jokowi minta Menko panggil Mendag dan Kabulog terkait polemik beras
 Jokowi-Ma'ruf ambil nomor urut di KPU ditemani oleh Ketum Parpol
Rupiah menguat imbas sentimen positif dari Bank Dunia
Polemik beras dapat timbukan kecurigaan di masyarakat
Dieliminasi KPU dari daftar caleg DPD, Oso melawan
Meski memaafkan, SBY tetap akan bongkar fitnah Asia Sentinel
Mengapa aku selalu diselingkuhi?
Wakil rakyat bukan tukang pukul kepentingan
Jokowi-Ma'ruf kerahkan relawan di daerah suara terendah
Nomor urut satu di Pilpres 2019 lebih untungkan Jokowi-Ma'ruf
 Fahri nilai dana rehab bencana Lombok mampet
Mengapa jomblo Cina harus beli istri dari Indonesia?
Kubu Jokowi nilai Neno Warisman buka kedok #2019GantiPresiden
Fetching news ...