DPR kecam siswa tantang guru berkelahi di kelas gara-gara rokok

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

DPR kecam siswa tantang guru berkelahi di kelas gara-gara rokok

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Reni Marlinawati mengecam perilaku tak terpuji yang dilakukan oleh seorang siswa SMP yang menantang gurunya berkelahi usai diperingatkan supaya tidak merokok di kelas. Dia mendesak dilakukan langkah tegas supaya tindakan serupa tidak terjadi lagi di dunia pendidikan.

"Perisakan (bully) siswa kepada guru terulang kembali. Saya prihatin dan sedih atas peristiwa tersebut. Harus ada tindakan konkret untuk menghentikan praktik tersebut," sebut Reni di Jakarta, Senin (11/02/2019). 

Lebih lanjut menurut Wakil Ketua Umum DPP PPP ini meminta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat melakukan penelusuran penyebab perilaku siswa tersebut.

"Dinas Pendidikan harus memberi perhatian serius atas peristiwa tersebut. Harus dicari akar penyebabnya, mengapa siswa memiliki adab yang tak terpuji," sebut Reni. 

Menurut dia, pihak sekolah memiliki tanggungjawab penuh dalam pembentukan karakter anak didik. Jika sekolah memiliki komitmen kuat dalam pembentukan karakter anak didik, Reni menyebutkan peristiwa tersebut tidak bakal terjadi.

"Jika memang sekolah abai dalam pembentukan karakter, Dinas Pendidikan harus memberi atensi serius terhadap sekolah tersebut," kata Reni. 

Lebih dari itu, Reni meminta Pemda bersama penyelenggara pendidikan baik swasta maupun negeri lebih serius memperhatikan pembentukan karakter anak didik.

"Penguatan karakter dan akhlak anak didik harus dinomorsatukan, karena pendidikan tidak hanya fokus pada kecerdasan anak didik saja," tandas Reni.

Sebelumnya, viral video di media sosial seorang guru dirisak siswa lantaran mengingatkan supaya tidak merokok di dalam kelas. Diketahui peristiwa tersebut terjadi di SMP PGRI Wringinanom, Gresik Jawa Timur.

Siswa tersebut menjambak kerah baju sang guru honorer sampil mengepal-ngepalkan tangan hendak menantang duel. Aksi ini diduga terjadi pada Sabtu (09/02/2019).

Jokowi sampaikan data tak akurat, TKN tak ingin dibilang mencontek
Jokowi dikabarkan pakai earpiace saat debat, Kubu Prabowo: Jangan mudah terprovokasi
Warga Papua desak KPK setop kriminalisasi Lukas Enembe
BPN: Rakyat yang akan membantah kesalahan data Jokowi
Pengamat: Jokowi sampaikan data kurang akurat,Prabowo kurang tajam
Prabowo: Pembangunan infrastruktur era Jokowi grasa-grusu
Prabowo bingung saat ditanya Jokowi soal unicorn, ini penjelasannya
Jokowi dituding pakai alat bantu komunikasi saat debat, ini kata TKN
Prabowo nilai serangan Jokowi soal kepemilikan tanah wajar
TKN: Prabowo bingung jawab pertanyaan, Jokowi rileks
Soal Freeport, Jokowi tak takut pada siapapun demi rakyat
Jokowi bantah serang Prabowo terkait ratusan ribu hektar lahan
Prabowo akan pisahkan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan bila jadi presiden
KGI Sekuritas: IHSG berpotensi menguat
Ada ledakan di arena debat capres, polisi lakukan penyelidikan
Fetching news ...