Ideas Sport

Rusia tim pertama ke babak knock out; Salah cs harus angkat kaki

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Rusia tim pertama ke babak knock out; Salah cs harus angkat kaki

Tuan rumah Piala Dunia Rusia di atas kertas telah mengamankan posisi mereka di putaran kedua berkat kemenangan 3-1 atas Mesir pada Selasa (19/06/2018). Kemenangan Rusia ini sekaligus mengubur kesempatan Mesir untuk melangkah ke babak selanjutnya, setelah menelan dua kali kekalahan.

Dengan hasil ini, Rusia berhasil memuncaki klasemen Grup A dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan dengan mengemas total 8 goal dan 1 kali kebobolan.

Dalam pertandingan melawan Mesir, tiga gol dalam rentang waktu 15 menit pada awal babak kedua membawa Rusia memegang kendali sebelum bintang Mesir Mohamed Salah, yang tampil tidak maksimal pada pertandingan ketika ia kembali dari cedera, mengemas gol melalui ekskeusi penalti, yang diberikan setelah peninjauan ulang video.

Seandainya Uruguay (tiga poin) menang atas Arab Saudi (0 poin) pada Rabu, itu akan memastikan tim Amerika Selatan dan Rusia melaju ke 16 besar dengan menyisakan satu pertandingan.

Setelah babak pertama yang berlangsung ketat, Rusia akhirnya mampu memecahkan kebuntuan pada menit kedua setelah turun minum.

Umpan silang Aleksandr Golovin ditinju kiper Mesir Mohamed El-Shenawy, namun bola jatuh ke penguasaan Roman Zobnin yang sepakan mendatarnya dibelokkan Ahmed Fathi untuk masuk ke gawangnya sendiri.

Ini adalah gol bunuh diri kelima di turnamen elit sejauh ini. Rekor gol bunuh diri terbanyak di Piala Dunia adalah enam gol pada 1998.

Jika terdapat sedikit keberuntungan untuk menjadi gol pembukaan, gol kedua Rusia murni didapat melalui kualitas.

Alexander Samedov mendorong bola melebar menuju Mario Fernandes, bek kanan kelahiran Brazil itu kemudian menggebrak untuk mengirimkan umpan tarik sempurna menuju jalur Denis Cheryshev, yang meneruskannya untuk menjadi gol ketiganya di turnamen ini.

Dua menit berselang skor kembali berubah menjadi 3-0, ketika penyerang Artem Dzyuba menguasai bola panjang dengan dadanya, melewati Ali Gabr dan mencetak gol.

Salah, yang tidak bermain sejak mengalami cedera ketika Liverpool kalah dari Real Madrid di final Liga Champions bulan lalu, mengukir gol hiburan ketika ia sukses mengeksekusi penalti yang didapat setelah Video Asisten Wasit (VAR) memutuskan bahwa ia dijatuhkan Zobnin di kotak terlarang.

Kurangnya peran Salah

Harapan Mesir di pentas Piala Dunia berantakan setelah bencana menerpa di awal babak kedua saat dikalahkan 3-1 tuan rumah Rusia. Merespons ini, pelatih Hector Cuper mengatakan "ketidakhadiran" bintang Mohamed Salah sejak awal memberikan pengaruh signifikan pada tim.

Salah terlihat sering melindungi bahunya yang cedera ketika dia menjauh dari kontak fisik dengan pemain Rusia dan dia pun tidak diharuskan untuk berduel berebut bola, meninggalkan lini tengah Mesir yang sering kewalahan di Stadion Saint Petersburg.

"Tidak ada yang bisa membantah tentang pentingnya Salah kepada tim dan kami khawatir karena dia cedera dan akan lebih baik jika dia berada di kamp latihan kami dalam persiapan untuk turnamen," kata Cuper.

"Tapi jelas kami tidak bisa melakukan itu, karena prioritasnya adalah membuatnya kembali bugar."

"Ketika kami berbicara tentang dia yang harus 100 persen bugar, maka saya harus pergi kepada tim medis saya dan juga dengan pemain, yang mengatakan dia bisa bermain. Saya juga yakin dia dalam kondisi optimal," demikian dilansir Reuters.

Tim Mesir, lanjut Cuper, justru mengendur setelah turun minum, sementara Rusia semakin mengganas dengan tiga gol.

PKS minta kader belajar dari kemenangan Erdogan
Usir jerawat dengan kulit semangka
Gerindra daftarkan mantan koruptor di Pileg 2019
Ngabalin jadi komisaris Angkasa Pura, Fadli: BUMN amburadul
Bumi Manusia bukan sekadar cinta Minke dan Annelies
Politisi berbondong-bondong ke NasDem, ada apa?
Politisi terima uang transfer untuk pindah partai harus lapor KPK
Riza Chalid penampakan di acara NasDem, sudah aman?
Golkar ngotot daftarkan caleg mantan napi korupsi
Nikmati empat hari Festival Bunaken
Film ’22 Menit’ hadir di Anugrah Jurnalistik Polri 2018
Etika politik dan pindah partai
Dukung pilkada damai, Polri gelar Anugrah Jurnalistik 2018
Jokowi belum temukan solusi akurkan SBY-Megawati
KPK buru tangan kanan Bupati Labuhanbatu
Fetching news ...