Ketika negara hadir bantu korban kebakaran di suasana idul fitri

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Ketika negara hadir bantu korban kebakaran di suasana idul fitri

Keluarga Hadra, korban kebakaran di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan menerima sejumlah bantuan sosial yang diserahkan langsung Menteri Sosial, Idrus Marham.

"Semoga Bapak Hadra dan keluarga diberikan kekuatan dan ketabahan menghadapi musibah ini. Kehilangan tempat tinggal tentu tidak mudah bagi siapapun, apalagi masih dalam suasana Idulfitri yang mana semua orang sedang berkumpul bersama keluarga dan bersilaturahmi. Mudah-mudahan bantuan dari pemerintah dapat meringankan beban keluarga beliau," kata Mensos kepada media usai menyerahkan bantuan di Pinrang, Rabu (20/6). 

Bantuan yang diserahkan meliputi bantuan kebutuhan dasar seperti tenda keluarga, tenda gulung, matras, paket permakanan, paket sandang, beras, pakaian anak dan dewasa, pakaian sekolah anak, alat rumah tangga dan kids ware, velbed serta foodware.

Selain itu Mensos juga menyerahkan bantuan pembangunan rumah dari Kementerian Sosial berupa uang tunai Rp15 juta. "Karena keluarga ini merupakan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) maka kedatangan saya kali ini sekaligus juga membawakan buku tabungan yang baru karena yang lama terbakar. Dengan demikian beliau bisa mencairkan kembali bansos PKH," terangnya. 

Instruksi presiden

Penyerahan  disampaikan langsung di lokasi kebakaran oleh Mensos pada saat kunjungan kerja didampingi kepala dinas sosial setempat bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat. 

"Dalam susana duka seperti ini, sebagaimana yang senantiasa disampaikan Presiden Joko Widodo agar layanan dasar korban terdampak harus segera disalurkan. Ini adalah wujud Negara Hadir memberikan perlindungan sosial," kata Mensos. 

Pada kesempatan itu Mensos mengatakan telah mendapat perintah dari Presiden Jokowi agar segera membantu penerima Program Keluarga Sejahtera (PKH) yang menjadi korban kebakaran di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

"Kami langsung terjun ke lapangan dan mengunjungi keluarga korban kebakaran di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, dan  menyerahkan sejumlah bantuan sosial," katanya.

Seperti diketahui telah terjadi kebakaran pada 17 Juni 2018 pukul 01.05 WITA di lingkungan Data keluarahan Data kecamatan Duampanua kabupaten Pinrang. Kejadian ini diduga akibat kosleting listrik yang menganguskan rumah keluarga Hadra. Kerugian material diperkirakan mencapai Rp250 juta rupiah. Keluarga Hadra memiliki dia orang anak. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 

Selain mengunjungi KPM Korban kebakaran di Kecamatan Duampanua, Mensos juga meninjau proses penyaluran PKH di Aula Kecamatan Lembang. Bantuan sosial non tunai ini disalurkan untuk 107 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Mensos juga memastikan sebanyak 40 KPM yang tinggal jauh dari lokasi pencairan hari ini akan dikunjungi langsung oleh tim Bank Mandiri selaku bank penyalur bersama Pendamping PKH. 

"Saya minta agar segera disalurkan dan dituntaskan. Rencananya pada Minggu, 24 Juni 2018 tim akan mengunjugi 40 KPM," pungkas Mensos. 

Tanggapi #Sandiwara Uno, PAN: TKN sebaiknya fokus pada kebijakan dan program
Fahri Hamzah setuju pembentukan Pansus KTP elektronik
PDI: BPN pindah ke Jateng justru membangunkan banteng tidur
Sandi dituding playing victim, BPN: Jangan langsung tuduh
Fitnah Jokowi PKI, BPN minta La Nyalla diproses polisi
Momen kampanye, pengamat ragu DPR segera revisi UU perkawinan
PDIP minta Anies siaga hadapi bencana
Aktivis tunggu Prabowo minta maaf ke umat Islam
Legislator harap Saudi kabulkan usulan jalur cepat haji
Cina langgar HAM etnis mayoritas muslim, ini kata DPR
PDIP: Sandiaga tak usah playing victim
Saham AS dan Eropa ditutup lebih rendah
Masyarakat Riau diminta waspadai demo pesanan korporasi asing
DPR dukung putusan MK soal usia minimal menikah
TKN pastikan tak gunakan kampanye negatif di Pilpres 2019
Fetching news ...