Anies: Program DP 0 persen hanya untuk masyarakat di atas UMP

REPORTED BY: Insan Praditya

Anies: Program DP 0 persen hanya untuk masyarakat di atas UMP Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan program DP rumah 0 persen hanya ditujukan untuk masyarakat yang berpenghasilan diatas UMP atau sekitar 4-5 juta perbulan. Hal itu dikarenakan jika program tersebut diizinkan untuk masyarakat berpenghasilan dibawah UMP, dikhawatirkan  seluruh gaji nya habis untuk memenuhi angsuran rumah.

"Jadi kalau orang yang penghasilannya di bawah UMP, dan dialokasikan untuk nyicil habis uangnya," ujarnya di Jakarta , Rabu (17/10/2018).

Anies menyarankan kepada masyarakat untuk menyewa rusunawa dibandingkan membeli rumah jika memang penghasilannya di bawah UMP. Untuk rusunawa, setelah 20 tahun menyewa dapat menjadi miliki si penyewa.

"Statusnya sewa beli, nah itu untuk mereka di bawah UMP," terangnya.

Anies menilai dengan sistem sewa-beli tersebut, setidaknya masyarakat mempunyai kepastian untuk memiliki hunian rumah setelah 20 tahun. Tidak hanya itu, program tersebut juga diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu dalam memiliki hunian .

"Kalau mereka hanya sewa saja seperti yang selama ini ada tanpa bisa memiliki maka untuk apa merawat dengan baik, untuk apa nyicil dengan baik, toh ujungnya bukan punya saya, ini yang kita dorong," jelasnya.

Peluncuran itu dibarengi dengan terbitnya Pergub Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Pergub tersebut ditandatangani Anies pada 11 Oktober 2018.

Pergub 104/2018 itu dimaksudkan sebagai pedoman pelaksanaan fasilitas pembiayaan perolehan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang ingin memiliki tempat tinggal di Jakarta.

Berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, MBR merupakan masyarakat yang mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah.

Pasal 126 disebutkan pemerintah dan pemerintah daerah memberikan kemudahan dan atau bantuan pembiayaan untuk pembangunan dan perolehan rumah umum dan rumah swadaya bagi MBR.

Mayoritas pemilih tidak tertarik janji capres
Usai Romy dicokok KPK, PPP yakin bangkit
Kubu Jokowi akan yakinkan swing voters di kampanye terbuka
Komnas HAM sebut pemerintah umbar janji ke korban gempa Sulteng
Daftar kesalahan berkirim email resmi
PDIP ingin Golkar rebut posisi kedua dari Gerindra
PDIP: Prabowo-Sandi hanya naik 4 persen padahal sudah pakai fitnah dan hoaks
DPR setujui dua nama calon hakim konstitusi
IHSG berpotensi menguat hari ini
BPN: Jokowi kehilangan kepercayaan dari masyarakat
Rapat Paripurna sepi, ini alasan Wakil Ketua DPR
Kubu Prabowo nilai OTT Romahmurmuziy tanda pemerintahan Jokowi tidak berhasil
Elektabilitas turun, ini kata kubu Jokowi
Amerika imbau Iran hentikan program rudal balistik
Fadli Zon: Krisis Timur Tengah dipicu masalah politik
Fetching news ...