Gerilya Sudirman Said untuk Pilgub Jateng

REPORTED BY: Dhuha Hadiansyah

Gerilya Sudirman Said untuk Pilgub Jateng Bekas Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said

Bekas Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said sedang bergerilya ke sejumlah partai politik untuk menjajaki kemungkinan pencalonannya dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng 2018) mendatang.

Sudirman,pada Sabtu (12/08/2017) menemui DPW PKS Jawa Tengah dan DPD I Gerindra Jawa Tengah sekaligus di kantor masing-masing.

Sekitar pukul 07.30, Sudirman Said tiba di kantor DPW PKS Jawa Tengah di Petompon, Gajahmungkur, Semarang dan disambut langsung oleh Kamal Fauzi, ketua PKS Jawa Tengah.

Sudirman Said mengatakan, "pembicaraan yang dilakukan sampai pada topik tentang bagaimana mencari pemimpin masa depan, khususnya di Jawa Tengah". Lebih lanjut menurutnya, "ini pertemuan reguler, untuk menyamakan persepsi dan melaporkan perkembangan di lapangan".

Setelah dari Kantor DPW PKS Jawa Tengah, Sudirman Said melanjutkan konsolidasinya dengan menyambangi DPD I Gerindra Jawa Tengah di Jln. Kanguru Raya, Semarang.

Di Kantor Gerindra, ia disambut oleh Abdul Wachid, Ketua DPD I Gerindra Jawa Tengah, dan bahkan Sudirman Said diperkenalkan di depan para kader dan pengurus partai melalui acara khusus di Aula kantor yang baru ditempati setahun lalu itu.

"Ini adalah kesempatan, karena kader sudah banyak yang mendesak dan bertanya siapa yang akan diusung pada Pilgub Jateng". Kata Abd. Wachid ketika memberikan sambutan. "Nanti bisa juga Pak Sudirman bawa baliho atau gambar sehingga lebih mudah memperkenalkan" imbuhnya.

Secara heroik, Abd. Wachid meneriakkan "Siap untuk merebut Jawa Tengah?". Semua yang hadir serempak mengatakan "Siap!" sambil mengepalkan tangan ke atas.

Sementara itu, Sudirman Said mengatakan terima kasih sudah diberi waktu dan kesempatan untuk memperkenalkan diri. Ia juga mengatakan, "siap untuk bertarung dengan cara yang sehat," tuturnya.

Baik PKS maupun Gerindra belum secara resmi bakal mengusung Sudirman, akan tetapi dia optimistis sinyal dukungan dari dua partai ini akan menjadi kenyataan.

"Kita tak boleh jumawa. Tinggal tunggu waktunya. Tugas saya melakukan ikhtiar, karena partai pastilah mencari sosok yang bisa diandalkan," katanya.

Siap jadi Wakil

Sebelumnya, Sudirman Said dalam Pilgub Jateng 2018 tidak mempermasalahkan jika partai pengusung menempatkan dia pada posisi calon wakil gubernur.

“Saya katakan ini bukan soal jabatan, bukan soal posisi tetapi ini merupakan panggilan untuk melayani masyarakat,” kata Sudirman Said kepada pers wartawan seusai panen bawang merah di Brebes, Jawa Tengah, 20 Juli 2017 lalu.

Menurut Sudirman, proses Pilgub Jateng 2018 ini bukan seperti melamar pekerjaan, sehingga terjadi proses tawar menawar. Bagi dia, jabatan tidaklah penting, tetapi kontribusi kepada masyararakat yang terpenting.

“Kalau mereka (partai pengusung) mengatakan jadi gubernur saya terima. Kalau wakil, juga tidak masalah,” ujar dia.

Sampai saat ini, selain PKS dan Gerindra, partai yang cukup serius berkomunikasi adalah PAN. Bahkan, Sudirman sudah menemui ketua umum tiga partai tersebut.

"Saya sudah berdialog cukup panjang. Saya merasa respons beliau-beliau positif," katanya.

Kendati demikian, Sudirman masih membuka komunikasi dengan partai lain. Sejauh ini, beberapa partai yang sudah terjalin komunikasi adalah PKB, PPP, dan NasDem. 

2050, hampir separuh penduduk bumi menderita miopia
Rizieq bakal kabur lagi?
Ungkit gaji wartawan seuprit, Prabowo sentil Hary Tanoe?
Karakteristik anak dalam memenuhi kebutuhan keluarga berdasarkan urutan lahir
5 orang yang harus Anda waspadai saat berhaji
Fetching news ...